Penggunaan DD Tahap II, Petani Desa Bungur Jaya Beri Apresiasi

Today.id - Pembangunan irigasi dari penggunaan Dana Desa (DD) tahap II tahun anggaran 2017 mendapat apreasisi oleh para petani Desa Bungur Jaya, Kecamatan Pondok Salam, Kabupaten Purwakarta.

Irigasi yang dibangun tersebut memiliki panjang sekitar 585 meter dengan anggaran Rp.318.987.995 dengan lokasi pembangunan tempatnya di Dusun 1. Dimana irigasi tersebut akan mengairi 2 hektar sawah milik petani.

"Alhamdulillah adanya pembangunan irigasi ini bisa membantu mengairi sawah kami," kata Saeri (60) salah satu warga yang memiliki sawah disekitar irigasi, Sabtu (23/12/2017).

Saeri menuturkan, adanya pembangunan irigasi tersebut akan mempermudah ia dan para petani lainnya untuk mendapatkan air yang bisa mengairi sawah hingga tidak mengalami kekeringan.

"Kalau dulu kita sesama petani sering rebutan air untuk mengairi sawah, dengan adanya irigasi ini kita yakin pembagian air akan merata di semua sawah yang ada di desa," tuturnya.

Sementara itu, Kucen (65) salah satu petani lainnya menambahkan selain mengapresiasi pembangunan irigasi, ia mengaku kagum karena di desanya sudah terjalin sinergitas yang cukup baik antara masyarakat, pemerintah desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta pendamping desa dalam melakukan pengawasan penggunaan dana desa.

"Di desa kita sudah terjalin cukup baik terkait pengawasan dana desa. Tujuan dari pengawasan berbagai pihak tersebut untuk memastikan tidak adanya penyelewengan terkait penggunaan dana desa," tambah Kucen.

Tak hanya dalam pengawasan dana desa saja, anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Desa Bengur Jaya selalu aktif untuk membantu warga. Baik dalam kegiatan gotong-royong, serta berbagai hal lainnya bersama pemerintah desa sesuai dengan fungsi Tiga Pilar Desa.

"Kami sebagai warga sangat bersyukur adanya sinergitas yang baik ini, karena hal tersebut bisa memupuk kebersamaan dan semangat gotong-royong serta rasa aman bagi warga," jelasnya.

Untuk diketahui pembangunan irigasi di Dusun 1, Desa Bungur Jaya, Kecamatan Pondok Salam, Purwakarta tersebut dibangun berdasarkan usulan warga yang ditampung dalam RKPdes dan APBdes tahun anggaran 2017 Desa Bungur Jaya.

Dalam pengawasan penggunaan dana desa melibatkan masyarakat, pemerintah daerah, pihak Kejaksaan serta aparat kepolisian setempat sesuai dengan MoU antara Mendes PDTT dan Kapolri yang bertujuan agar penggunaan dana desa tepat sasaran serta mencegah terjadinya penyelewengan anggaran. (Red)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kejam! Bayi Ini di Kubur Hidup-hidup

Bersiaplah! Waterpark Terbesar di Purwakarta Segera Hadir

Harga Sembako Naik, Pedagang Hanya Bisa Pasrah