Ratusan Ton Buah Manggis Dari Purwakarta Di Ekspor Ke Luar Negeri

Today.id - Karena harga jual yang tinggi, jumlah ekspor buah Manggis ke luar negeri pun terus digenjot oleh Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pangan dan Pertanian.

Sejak musim panen buah manggis pada Februari-Maret 2018, petani manggis di lima kecamatan terus mendapat untung. Pasalnya sejak pertama panen harga buah manggis terus mengalami kenaikan. Tidak salah bila harga manggis Purwakarta lagi manis hingga ke Taiwan.

Ada empat kualitas manggis dengan harga berbeda yang naik. Kenaikan harga manggis terjadi dalam setiap harinya.

Kualitas manggis Campuran saat ini naik menjadi Rp11.500 dari sebelumnya Rp7.000 per-kilogram dari petani. Kualitas Balkon Rp8.000 per-kilogram, Super 1 Rp24.000 dari sebelumnya Rp22.000 per-kilogram dan kualitas BS Rp6.000 per-kilogram.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta, Agus R Suherlan mengatakan pengembangan pengiriman akan terus dilakukan hingga ke negara lain selain Cina dan Taiwan.

“Kita ekspor buah manggis ke dua negara itu satu minggu 16 kontainer, 1 kontener 17 ton,” ungkapnya belum lama ini.

Ia menjelaskan, jumlah tersebut merupakan dari dua eksportir yang berlokasi di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Pondok Salam dan Darangdan.

“Pengiriman itu sudah berjalan dua minggu karena saat ini sedang panen raya,” kata dia.

Selain itu, dia menyebut, di Purwakarta ada sekitar 1500 hektar tanah yang ditanami buah manggis tersebar di Purwakarta. 1 hektar menghasilkan 47 ton buah manggis.

“Pengiriman buah manggis akan terus kami kembangkan agar pemasaran para petani buah manggis lebih meningkat,” ujarnya. (Red)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kejam! Bayi Ini di Kubur Hidup-hidup

Bersiaplah! Waterpark Terbesar di Purwakarta Segera Hadir

Harga Sembako Naik, Pedagang Hanya Bisa Pasrah