Disdik Purwakarta Menghelat Acara Pagelaran Seni Budaya

Today.id - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta menghelat acara Pagelaran Seni Budaya bertajuk "Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan" yang diikuti pelajar sekolah, dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Gedung Yudhistira, Komplek Kantor Pemkab Purwakarta pada Rabu (2/5/2018) malam.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, Purwanto, pagelaran seni budaya adalah cara terbaik mentransformasikan pendidikan.

"Kenapa Disdik  tidak membuat seminar tetapi pentas seni? Karena saya ingat pesan Ki Hajar Dewantara dalam bukunya, kesenian merupakan cara terbaik dalam mentransformasi pendidikan, dengan pendidikan yang kuat, akan melahirkan kebudayaan yang maju, jadi pendidikan adalah proses pembudayaan. Maka dari itu kebudayaan tidak dapat dipisahkan dari pendidikan," jelasnya.

Purwanto mengungkapkan, pendidikan tidak selalu identik dengan bidang akademis saja. Melalui kesenian, penguatan karakter anak akan terbentuk secara utuh.

"Dengan berkesenian anak akan mengasah potensi estetisnya hal itu akan menguatkan karakter si anak," katanya.

Sementara itu dalam peringatan Hardiknas 2018 ini, Purwanto mengajak semua pihak untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia khususnya Purwakarta agar siap dan tangguh menghadapi peradaban di masa datang.

"Potensi tentu berbeda, sehingga kita yang sudah dewasa berkewajiban mempersiapkan persemaian benih- benih anak untuk tumbuh secara maksimal yang siap, unggul, jujur, mandiri, menghadapi peradaban yang akan datang", ucapnya.

Diketahui sejumlah pejabat Kabupaten Purwakarta, seperti ketua umum PGRI kabupaten Purwakarta, H. Rasmita (mantan kepala dinas pendidikan), sejumlah kepala sekolah SMA, SMK, SMP, SD, guru dan pelajar hadir dalam acara pagelaran seni budaya yang menghadirkan pementasan tari, teater dan musik. (Red)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kejam! Bayi Ini di Kubur Hidup-hidup

Bersiaplah! Waterpark Terbesar di Purwakarta Segera Hadir

Harga Sembako Naik, Pedagang Hanya Bisa Pasrah