Tim Satgas Pangan Lakukan Sidak Harga Sembako

Today.id - Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Purwakarta menggelar inpeksi mendadak (sidak) ke Pasar Tradisional Senen – Leuwi Panjang guna memastikan kestabilan harga bahan pokok menjelang Bulan Suci Ramadan, Rabu (2/5).

Tim yang merupakan gabungan unsur Polres Purwakarta, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Perindustrian Purwakarta, Dinas Kesehatan Purwakarta dan Bulog Divre Subang (Purwakarta) tersebut langsung mengunjungi beberapa lapak pedagang di pasar tersebut.

Lapak pedagang yang dikunjungi di antaranya pedagang sembako, ayam, telur, sayuran dan beras. Di pasar tersebut, Satgas Pangan juga mengecek harga sejumlah komoditas. Sidak tersebut dipimpin langsung Kapolres Purwakarta AKBP Twedi Aditya Bennyahdi.

“Ini merupakan kegiatan pertama kami, untuk memastikan saja jika harga kebutuhan pokok masyarakat masih stabil,” kata Twedi kepada koran ini.

Dirinya mengaku, dari hasil sidak tersebut, ada beberapa bahan pangan yang mengalami penurunan, kenaikan, dan harganya stabil. Untuk yang mengalami kenaikan di antaranya bawang merah, ayam dan telur. “Kenaikannya belum signifikan. Meski demikian, kami akan terus memantaunya hingga puasa nanti,” ujarnya.

Di tempat sama, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta, Entis Sutisna menambahkan, jajarannya akan terus melakukan pengawasan terkait harga kebutuhan pokok ini. “Kami akan terus memantau hingga lebaran mendatang. Karena, memang biasanya terjadi kenaikan harga,” kata Entis.

Pihaknya pun akan melakukan pengecekan hingga tingkat distributor. Karena, dikhawatirkan ada permainan harga menjelang Ramadan nanti. Ada pun untuk stok bahan pokok dan sayuran sendiri, sampai saat ini distribusinya masih cukup aman. “Sampai saat ini, harga-harga bahan pokok cenderung masih stabil. Termasuk, harga harga beras,” ujarnya.

Dari sejumlah kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga signifikan, Tims Satgas Pangan menemukan kenaikan diantaranya harga ayam potong.
“Jika dibandingkan dengan bulan lalu, kenaikan harga ayam potong mencapai 12 persen perkilogramnya dari harga awal, dari Rp30 ribu menjadi Rp36 ribu perkilogramnya.” Ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengadaan Bulog Sub Divre Subang Purwakarta Tubagus Solahudin menjelaskan, stok beras di Purwakarta masih dalam kondisi aman hingga tiga bulan ke depan. “Stok masih aman untuk tiga bulan ke depan sekitar 4.039 ton,” ucapnya. (Red)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kejam! Bayi Ini di Kubur Hidup-hidup

Bersiaplah! Waterpark Terbesar di Purwakarta Segera Hadir

Harga Sembako Naik, Pedagang Hanya Bisa Pasrah